Menu

Mode Gelap

Film · 10 Jul 2023 13:48 WIB

Christoper Nolan Ungkapkan Ledakan Nuklir dalam Film Oppenheimer Dibuat Tanpa CGI


 Christopher Nolan yang dikenal anti-CGI ngebikin seluruh adegan film Oppenheimer tanpa sentuhan CGI (Foto: IG @oppenheimermovie) Perbesar

Christopher Nolan yang dikenal anti-CGI ngebikin seluruh adegan film Oppenheimer tanpa sentuhan CGI (Foto: IG @oppenheimermovie)

Faktaseleb- Christopher Nolan, sutradara terkenal dengan kecintaannya terhadap penggunaan efek praktis daripada efek visual, mengungkapkan bahwa dia membuat adegan ledakan senjata nuklir tanpa menggunakan CGI dalam film terbarunya, Oppenheimer. Hal ini diungkapkannya dalam wawancara dengan Total Film Magazine yang dirilis pada tanggal 13 Desember 2022.

Nolan menyatakan bahwa keputusan ini sangat penting karena film Oppenheimer berkisah tentang J. Robert Oppenheimer, seorang tokoh kunci dalam Manhattan Project dan pencipta bom atom selama Perang Dunia II.

“Saya pikir membuat kembali Trinity [kode peledakan senjata nuklir pertama di New Mexico pada Juli 1945] tanpa efek grafis komputer adalah tantangan besar yang harus dihadapi,” kata Nolan.

Nolan dikenal karena dedikasinya dalam menciptakan efek visual secara langsung dalam film-filmnya. Sebagai contoh, dalam film Tenet, dia benar-benar meledakkan sebuah pesawat Boeing 747. Oleh karena itu, sudah dapat diprediksi bahwa dia akan mengambil tantangan untuk menghadirkan senjata nuklir dalam film Oppenheimer.

Nolan juga menjelaskan bahwa dia bekerja sama dengan Andrew Jackson, supervisor efek visualnya, untuk mengamati cara menghadirkan elemen visual dalam film secara praktis.

Hal ini meliputi representasi dinamika termal dan fisik tubuh, serta menghidupkan kembali momen uji coba Trinity. Proses produksi film ini juga dihadapkan pada tantangan praktis yang besar, terutama dengan cuaca ekstrem di Los Alamos, New Mexico.

Oppenheimer merupakan salah satu proyek terbesar yang diambil oleh Nolan dalam karirnya. Film ini memiliki skala dan cakupan cerita yang besar, yang menghadirkan tantangan praktis dan logistik yang signifikan. Meskipun begitu, Nolan merasa puas dengan hasil yang telah dicapai oleh timnya.

Oppenheimer diadaptasi dari buku berjudul American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin. Buku tersebut meraih Pulitzer Prize dan menjadi biografi yang menggambarkan kehidupan J. Robert Oppenheimer, seorang fisikawan yang terlibat dalam Proyek Manhattan dan penemuan bom atom.

Film ini akan mengisahkan perjalanan hidup J. Robert Oppenheimer (diperankan oleh Cillian Murphy), dan reaksi terhadap karyanya dalam Proyek Manhattan yang berujung pada penemuan bom atom. Christopher Nolan tidak hanya menyutradarai film ini, tetapi juga menulis naskahnya.

Oppenheimer diproduksi oleh Syncopy dan Atlas Entertainment, dengan Universal Pictures sebagai distributor. Proses syuting akan dimulai pada awal Maret di New Mexico, California, dan New Jersey, dengan penggunaan teknologi IMAX dan kamera film 65 mm. Oppenheimer dijadwalkan akan tayang pada tanggal 21 Juli 2023.

(Viva.co.id/CNNIndonesia.com)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Pemakaman Lee Sun Kyun Akan digelar secara tertutup

28 December 2023 - 10:18 WIB

Bintang Film “Parasite” Lee Sun Kyun Meninggal Dunia Bunuh Diri,Sempat menulis surat

27 December 2023 - 12:00 WIB

Pecinta Harry Potter Berduka, Michael Gambon Pemeran Dumbledore Meninggal Dunia

29 September 2023 - 10:52 WIB

Michael Gambon meninggal dunia di usia 82 tahun

Film Dokumenter Taylor Swift ‘The Eras Tour’ Bakal Tayang di Indonesia Pada 3 November Mendatang

27 September 2023 - 10:22 WIB

Film dokumenter Taylor Swift 'The Eras Tour' bakal tayang di Indonesai 3 November 2023

Bucek Depp Rela Belajar Bahasa Ambon Demi Peran Sebagai Ayah Mendiang Glenn Fredly di Film ‘Glenn Fredly The Movie’

21 September 2023 - 14:42 WIB

Bucek Depp belajar bahasa Ambon demi peran sebagai ayah Glenn Fredly

Berperan Sebagai Pak Lurah di Film ‘Kejarlah Janji’, Ibnu Jamil Akui Tertarik dengan Politik

16 September 2023 - 10:21 WIB

Berperan Sebagai Pak Lurah di Film 'Kejarlah Janji', Ibnu Jamil Akui Tertarik dengan Politik
Trending di Film